Turis Singapura Sampai Inggris Kini ke Cirebon Via Kapal Pesiar

Turis Singapura Sampai Inggris Kini ke Cirebon Via Kapal Pesiar

88
0
SHARE
Turis Singapura Sampai Inggris Kini ke Cirebon Via Kapal Pesiar

Cirebon – Cirebon adalah kota pelabuhan tua, sudah eksis sejak zaman perdagangan sutera, sebelum masuk zaman kolonial. Sekarang, banyak turis asing dari Singapura sampai Inggris yang masuk Kota Cirebon lewat kapal pesiar.

Hal itu dikemukakan Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat SE saat sedang menjamu wartawan di Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa (25/8/2018).

“Tiap tahun banyak kapal pesiar dari Inggris, Singapura, Eropa datang ke pelabuhan. Tapi karena kapal tidak bisa merapat, dijemput pakai boat sampai daratan,” tutur Sultan.

Usai tiba di pelabuhan, lanjut Sultan, para turis dibawa jalan-jalan naik becak. “Kadang malah turisnya yang mau gowes becak,” tambah dia.

Kadisbudpar Kota Cirebon, Dana Kartiman menyebutkan, tiap tahun ada sekitar 500.000 wisatawan mancanegara yang datang.

“Tahun 2014 bahkan hampir 600.000 orang. Sebanyak 85% turis domestik,” tutur Dana dalam kesempatan yang sama.

Nantinya untuk mengakomodir lebih banyak turis yang masuk lewat pesiar, pemerintah Kota Cirebon akan memperlebar pelabuhan dari 50 hektar menjadi 200 hektar.

“Kita perlebar bertahap, masing-masing 50 hektar sampai angka 200. Ini agar kapal pesiar bisa bersandar langsung,” papar Sultan.

0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this. 0 share this.

Baca Artikel Tentang Traveling Disini