Home BERITA PILIHAN Suami Istri Terkaya di Indonesia, Miliki Harta Rp 20 Triliun

Suami Istri Terkaya di Indonesia, Miliki Harta Rp 20 Triliun

23
0
SHARE

Jejama.com, Suami Istri Terkaya di Indonesia, Miliki Harta Rp 20 Triliun – Baru-baru ini, Majalah Bisnis Globe Asia merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia.

Mereka memiliki kekayaan mulai dari ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS), hingga yang tertinggi sebesar 21 miliar dolar AS.

Dengan kurs dolar AS terhadap rupiah saat ini sebesar Rp 14.377, maka jumlah harta orang paling kaya di Indonesia, yang berada pada urutan satu menurut Majalah Globe Asia, mencapai Rp 301,92 triliun.

BACA JUGA : Lowongan Kerja BUMN – 3 Perusahaan Cari Karyawan Mulai Lulusan SMA

Di antara nama-nama yang ada dalam daftar orang terkaya di Indonesia tersebut, ada nama sepasang suami istri. Suami istri terkaya di Indonesia tersebut adalah Murdaya Poo (77) dan Siti Hartati Murdaya (72).

Harta keduanya tercatat sebesar 1,4 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 20 triliun. Dalam rilis daftar Globe Asia, suami istri terkaya di Indonesia tersebut berada di urutan 32.

Keduanya merupakan pendiri PT Central Cipta Murdaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang properti, manufaktur, energi, dan IT.

Dua Bersaudara

Selain pasangan suami istri terkaya di Indonesia, daftar 150 orang terkaya di Indonesia juga diisi dua orang bersaudara. Keduanya adalah Robert Hartono (77) dan Michael Hartono (78), yang kekayaan mereka mencapai 21 miliar dolar AS, atau setara RP 301,92 triliun.

Dua orang kakak beradik tersebut berada pada urutan nomor satu orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Keduanya menjadi bos Djarum, yang diketahui sebagai satu di antara merek rokok terkenal di Indonesia.

Selain rokok, pundi kekayaan Robert dan Michael juga berasal dari industri perbankan serta infrastruktur telekomunikasi.

10 Orang Terkaya

Dalam daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia, di bawah Robert dan Michael Hartono, nama-nama lama masih mendominasi.

Pada urutan kedua, ada Eka Tjipta Widjaja (94), dengan jumlah harta mencapai 13,9 miliar dolar AS. Eka mengelola Sinar Mas Group, yang bergerak di bidang perkebunan, pulp dan kertas, properti, keuangan, dan energi.

Nama Anthoni Salim (69) berada di urutan ketiga dengan kekayaan sebesar 11,5 miliar dolar AS. Bisnis Anthoni berada di bawah bendera First Pasific, yang bergerak di bidang industri makanan dan investasi.

Di urutan keempat, ada Susilo Wonowidjojo (61) yang merupakan pemilik Gudang Garam. Selain bergerak di industri rokok, Susilo juga memiliki usaha perkebunan. Total kekayaannya mencapai 11 miliar dolar AS.

Berlanjut ke urutan lima, nama bos media Chairul Tanjung (55) tercantum. Melalui CT Corp, di bidang media, perbankan, dan retail, CT memiliki kekayaan sebesar 4,6 miliar dolar AS.

BACA JUGA : Jadwal MotoGP Ceko 2018 dan Live Streaming Balapan di Sirkuit Brno 5 Agustus

Setelah CT, ada Sri Prakash Lohia (65) yang berada di urutan keenam orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Pundi kekayaan Prakash tercatat sebesar 4,5 miliar dolar AS, dari bisnis Indorama yang bergerak di bidang tekstil dan garmen.

Dengan jumlah kekayaan serupa Prakash, yaitu 4,5 miliar dolar AS, Theodore P Rachmat (69) menduduki posisi tujuh. Ia mengelola Triputra Group di bidang pertambangan, agribisnis, dan manufaktur.

Selanjutnya, orang terkaya kedelapan adalah Putera Sampoerna (67) Setelah menjual bisnis rokoknya bertahun-tahun lalu, Putera Sampoerna melalui Sampoerna Strategic mengumpulkan pundi kekayaan dari bidang agribisnis dan perkebunan. Total, ia memiliki harta sebesar 4,3 miliar dolar AS.

Lewat Royal Golden Eagle, Sukanto Tanoto (68) tercatat sebagai orang terkaya kesembilan di Indonesia versi Globe Asia. Ia memiliki harta sebesar 2,7 miliar dolar AS dari bisnis perkebunan, energi, dan pulp.

Dan pada urutan sepuluh, ada nama Dato’ Sri Tahir (65) yang memiliki Mayapada Banking Group. Total kekayaannya mencapai 2,15 miliar dolar AS.

Daftar 150 orang terkaya di Indonesia diterbitkan Majalah Bisnis Globe Asia pada edisi Juni 2018.