Home BUSINESS Skandal Finansial Hantam Saham Toshiba

Skandal Finansial Hantam Saham Toshiba

59
0
SHARE
Skandal Finansial Hantam Saham Toshiba

Jakarta – Skandal finansial tak hanya membuat internal Toshiba gonjang-ganjing. Saham perusahaan asal Jepang itu merosot pada perdagangan saham di Tokyo.

Masalah ini juga menyebabkan Toshiba harus menunda perilisan laporan keuangan untuk tahun fiskal 2014 hingga 7 September 2015. Dikutip dari Bloomberg, Selasa (1/9/2015), saham Toshiba turun 3,1% ke angka 372 yen pada 12:12 pagi waktu setempat.

President Toshiba Masashi Muromachi mengatakan dirinya akan mengundurkan diri jika tidak bisa memenuhi jatuh tempo laporan. Padahal, Muromachi sendiri mengambil alih tugas tiga eksekutif yang sebelumnya mengundurkan diri.

Terkait masalah ini, Toshiba mendapat izin dari regulator sekuritas untuk menunda laporan keuangan. Ini adalah penundaan kedua yang seharusnya dilaporkan awal tahun ini.

“Tidak bisa memenuhi laporan sekuritas tahun fiskal hingga Maret 2015 akan berdampak pada risiko lebih besar untuk dikeluarkan dari daftar,” kata Takeo Miyamoto, analis dari Mitsubishi UFJ Morgan Stanley.

Juli lalu, Hisao Tanaka yang kala itu menjabat CEO Toshiba mengumumkan pengunduran dirinya. Mundurnya Tanaka terkait dengan isu penyimpangan akuntansi di perusahaan tersebut.

Selain Tanaka, eksekutif lain yang juga akan mundur adalah Vice Chairman Norio Sasaki. Baik Tanaka maupun Sasaki dianggap bertanggung jawab dalam masalah ini.

Toshiba saat ini menyerahkan kepada komite pihak ketiga untuk menginvestigasi praktik pembukuan keuangan pada periode yang sudah berlalu.

Sejumlah sumber mengatakan, fokus penyelidikan difokuskan pada peran para pejabat tinggi. Diduga penyimpangan terjadi di level eksekutif atas. Hampir setengah dari dewan direksi Toshiba berpotensi akan diganti dalam pertemuan dengan para pemegang saham September mendatang.

(rns/ash)

Baca Artikel Tentang Bisnis Disini