Home TECH Seret Jualan Handset, BlackBerry Malah Untung

Seret Jualan Handset, BlackBerry Malah Untung

43
0
SHARE
Seret Jualan Handset, BlackBerry Malah Untung

Jakarta – Keputusan BlackBerry untuk mengerem penjualan handset dan mengalihkan fokusnya ke bisnis enterprise serta solusi keamanan, justru menjadi berkah. Perusahaan smartphone asal Kanada itu akhirnya bisa mencatatkan kinerja positif setelah bertahun-tahun menderita kerugian.

Sejak John Chen mengambil alih pucuk pimpinan BlackBerry dari tangan Thorsten Heins pada 2013 lalu, fokus perusahaan pun berubah drastis. BlackBerry memang masih memasarkan handset, tapi tak segencar tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat hanya ada lima handset yang dirilis di era Chen dalam dua tahun terakhir ini, yakni BlackBerry Z3, BlackBerry Passport, BlackBerry Classic, BlackBerry Porsche Design P’9983.

Chief Legal Officer BlackBerry Global, Steve Zipperstein, yang ikut andil membantu Chen sejak masa transisi, turut senang karena perjudian mereka untuk tak melulu fokus di bisnis handset akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan.

“BlackBerry sekarang tak banyak memproduksi hardware dan lebih fokus ke software. Semua setuju inilah yang harus kita lakukan,” kata Zipperstein dalam media interview di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Di tahun pertama memimpin BlackBerry, Chen langsung melakukan gebrakan untuk menstabilkan finansial perusahaan. Kemudian, ia mulai melakukan transformasi bisnis, dari yang tadinya fokus jualan ponsel jadi perusahaan multiplatform software services & security company.

Untuk suksesi perombakan ini tak mudah, karena perusahaan harus mengambil langkah kurang populis seperti merampingkan jumlah pegawai dan menekan pengeluaran untuk ongkos produksi. Namun langkah ini efektif di saat kinerja yang tengah kritis. Next

(rou/fyk)

Baca Artikel Tentang Teknologi Disini