Home TECH Pesawat Baru Buatan Habibie Siap Mengudara

Pesawat Baru Buatan Habibie Siap Mengudara

163
0
SHARE
Pesawat Baru Buatan Habibie Siap Mengudara

Pesawat Baru Buatan Habibie Siap Mengudara – Bacharuddin Jusuf Habibie kembali memperlihatkan taji dalam dunia dirgantara. R80, pesawat anyar rancangan dia bakal terbang uji coba perdana.

Pesawat R80 ataupun yang bisa disingkat regional 80 sebab memiliki kapasitas 80 orang, bakalan melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Insya Allah 2017-2018 bakalan first flight sambil menunggu sertifikasi kelayakan udara.

Aku dengar pemerintah Jabar sedang menciptakan Bandara Kertajati,” kata Habibie dikutipDream.Co.Id dari laman Merdeka.Com, Kamis 11 September 2014.
Dibutuhkan R80 ini bisa melanjutkan kejayaan N250 yang pernah berjaya di tahun-1990an.

Menurut mantan Presiden ke-3 ini, revolusi dari pesawat N250 ini secara teknologi sudah lebih canggih. Menurut by pass rasio 40 & bisa lebih hemat bahan bakar menggapai 30 persen. Pesawat ini pula dapat dikendalikan secara elektronik alias dikenal istilah fly by wire.

Baling-baling yang ada di sayap juga tergolong teknologi baru, sebab dapat memastikan antara angin dingin dan angin panas yang dihasilkan dari mesin. Dengan teknologi ini pesawat dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

Pesawat R80 ini ialah mimpi Habibie semenjak lama. Menurut pria yang kini berusia 78 tahun tersebut, Indonesia yakni zona kepulauan sehingga membutuhkan pesawat terbang yang bisa menghubungkan satu pulau ke pulau lain yang lebih berlimpah.

“zona kita ini dilahirkan menurut maritim, sehingga Indonesia tidak bisa cuma mengandalkan KA atau wahana lain. Tapi pesawat sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Presiden Direktur Perusahaan Ilthabi Rekatama, Ilham Habibie menyebut pesawat ini yakni penyempurnaan dari N250 rancangan bapaknya itu.

“menurut teknologi amat berbeda, jikalau HP saja buatan 1998 sama yang 2014 tentu sudah pasti beda, sehingga R80 bakal ada perputaran drastis secara teknologi,” ungkapnya.

Pesawat itu bakalan diproduksi Perusahaan Dirgantara Indonesia layaknya pesawat terdahulu. Selain ahli yang sudah terpercaya, menurut alat pula sudah amat memadai.