Home BUSINESS Pesan Bos VMware ke Pengguna BlackBerry: Let It Go

Pesan Bos VMware ke Pengguna BlackBerry: Let It Go

44
0
SHARE

Jakarta

Salah satu eksekutif VMware, perusahaan teknologi virtualisasi, memberi pesan pada para pengguna BlackBerry. Yaitu let it go alias tinggalkan saja. Mengapa demikian?

Dikutip detikINET dari Information Week, Kamis (5/11/2015), saran tersebut dikatakan oleh Sanjay Poonen, Vice President VMWare di ajang VMWorld 2015 yang berlangsung di Barcelona belum lama ini. Poonen bertanya pada hadirin, siapakah yang masih memakai BlackBerry.

Dari ribuan hadirin itu, hanya segelintir mengacungkan tangan. “Aku punya dua kata untuk Anda. Yaitu berasal dari film Frozen yang disukai anakku, Let it go. Atau mungkin aku akan menyanyikannya saja,” ucap Poonen yang disambut tawa sebagian audiens.

Mengapa Poonen seakan anti BlackBerry? Jadi setelah mengakuisisi AirWatch tahun lalu, VMWare menjadi penyedia Mobile Device Management (MDM) terpopuler. Nah, belum lama ini BlackBerry mencapai kesepakatan akuisisi Good Technologies, kompetitor terdekat VMware di segmen mobile management.

Dengan akuisisi itu, BlackBerry berpotensi jadi pesaing berat VMware. Lagipula VMware mungkin juga serba salah jika harus terus mendukung perangkat BlackBerry. Turunnya pengguna BlackBerry membuat support pada OS BlackBerry jadi mahal ongkosnya.

Memang BlackBerry sekarang cenderung fokus pada solusi seperti MDM ketimbang berjualan handset yang popularitasnya terus menurun. Dengan akuisisi Good Technologies, BlackBerry punya kesempatan melawan dengan AirWatch dari VMware. Soalnya sebelumnya, solusi BlackBerry Enterprise Server (BES) hanya bisa mendukung sedikit platform.

Tapi meskipun kombinasi BES dan Good Technologies bisa menciptakan kompetisi yang serius bagi AirWatch, VMware masih memimpin cukup jauh di bisnis MDM. Hal itu dikatakan juga oleh Poonen berdasarkan riset dari IDC.

(fyk/ash)

Baca Artikel Tentang Bisnis Disini