Perayaan Bau Nyale Suku Sasak

Perayaan Bau Nyale Suku Sasak

79
0
SHARE
Perayaan Bau Nyale Suku Sasak

Perayaan Bau Nyale Suku Sasak

Pulau Lombok akan jadi pusat perayaan Bau Nyale di pertengahan Februari ini, tepatnya pada tanggal 19-20 Februari. Perayaan Bau Nyale diadakan untuk menyambut datangnya musim panen padi dan musim tanam yang akan datang.

Perayaan Bau Nyale adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Suku Sasak yang diadakan pada tanggal ke 20 bulan ke-10 penanggalan Sasak. Ratusan, bahkan mungkin ribuan orang berkumpul sejak sebelum matahari terbit untuk menunggu ritual yang dilakukan oleh pemuka adat suku Sasak sebagai penanda dimulainya perburuan Bau Nyale.
Bau Nyale sendiri berarti cacing laut, yang dipercaya oleh suku Sasak sebagai perwujudan legenda Putri Mandalika yang mengorbankan dirinya untuk menghentikan peperangan memperebutkan dirinya. Semakin banyak jumlah Bau Nyale yang berhasil dikumpulkan menandakan semakin baik panen padi dan ramalan akan masa tanam padi yang akan datang.

Apabila kamu berminat untuk menghadiri perayaan Bau Nyale, jangan lupa untuk juga menghadiri Festival Pasola di Sumbawa yang diadakan tepat setelah perayaan Bau Nyale.

Sumber : TripTrus Perayaan Bau Nyale Suku Sasak