Meski Mahal, Ini Alasan iPhone Tetap Laris

Meski Mahal, Ini Alasan iPhone Tetap Laris

43
0
SHARE
Meski Mahal, Ini Alasan iPhone Tetap Laris

Jakarta – Tak bisa ditampik, iPhone masuk dalam kategori ponsel mahal. Namun ia selalu diburu dan generasi barunya selalu laku keras. Hal yang sama diprediksi juga dialami iPhone 6S yang segera dirilis Apple pada 9 September. Apa sebabnya?

Selain kekuatan merek dan ekosistem, ada lagi alasan lain. “Apple terus menambahkan sesuatu untuk menjaga orang agar tetap memakai iPhone, ada musik, aplikasi, aplikasi kesehatan dan sekarang ada Apple Music. Saya bahkan melihat pengguna iPhone yang memakai Android ingin kembali. Saya sungguh melihat iPhone seperti Hotel California. Sekali Anda masuk, sangat susah keluarnya,” kata Ben Wood, analis di CSS Insight.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus terjual 10 juta unit dalam 3 hari pertama pemasarannya. Pada kuartal pertama 2015, ada 61,2 juta unit iPhone terjual, kebanyakan iPhone 6. Dan meskipun harga rata-rata smartphone menurun, iPhone masih tetap salah satu handset termahal di pasaran.

iPhone 6S pun diprediksi laris manis meskipun hanya ada sedikit peningkatan. Wood juga menyamakan fenomena Apple dengan kejayaan Nokia pada zaman dahulu.

“Apple sedang di atas angin. Bahkan meskipun hanya ada sedikit peningkatan di layar, kamera dan prosesor, itu akan cukup dan mesin Apple akan tetap berjalan,” papar Wood yang dikutip detikINET dari Guardian, Senin (7/9/2015).

“Di tahun 1990-an orang akan pergi ke toko ponsel dan membeli Nokia karena cocok untuk kehidupan mereka. Seperti itulah yang dicapai Apple sekarang,” imbuh Wood.

Memang tantangan makin menghadang sehingga iPhone mungkin saja tak selamanya berjaya, khususnya serbuan smartphone murah. “Apple akan menghadapi tantangan penjualan di tahun depan. Sebuah tantangan yang mungkin terlalu susah untuk diantisipasi,” ucap John Butler, analis di Bloomberg Inteligence.

IDC bahkan memperkirakan penjualan iPhone terbaru sedikit lebih rendah dari edisi sebelumnya. Jika benar, akan menjadi penurunan pertama penjualan iPhone dan membuat Apple harus waspada. Soalnya, 60% pendapatan Apple bersumber dari iPhone.

Tapi Carolina Milanesi, analis dari Kantar Comtech meyakini Apple punya strategi untuk mengantisipasinya. Apalagi iPhone 6 dipastikan akan turun harga begitu generasi barunya muncul. Dan dengan layar besarnya, iPhone 6 terbukti sangat diminati sampai sekarang.
(fyk/ash)

Baca Artikel Tentang Teknologi Disini