Home NEWS #Live, Subhanallah ~ Sungguh Indah Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

#Live, Subhanallah ~ Sungguh Indah Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

154
0
SHARE
Subhanallah ~ Sungguh Indah Gerhana Matahari Total di Indonesia

#Live, Subhanallah ~ Sungguh Indah Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016, Gerhana Matahari Total yang terjadi jarang sekali di dunia ini, dan kini dapat di lihat di indonesia, Gerhana Matahari Total 2016 ini sungguh indah, Bagaimana Tidak Fenomena Alam yang jarang ini ini menunjukan keindahan dan sungguh allah sang pencipta lah penguasa alam ini.

Gerhana Matahari ini terjadi total di 3 tempat di indonesia yaitu Ternate Sumbar Lokasi Lapan, Bangka Belitung, Palu – Sulteng, dan dari Jakarta meski tidak full di jakarta hanya setengah yang terjadi.

Your video will be live at: https://youtu.be/JfjyOzCLdYE

Dalam Berita :

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Melintasi di 10 Provinsi Ini
Kejadian langka gerhana matahari total (GMT) bakal terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016. Gerhana diprediksi bakal terjadi di 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia. Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

GMT di 10 provinsi tersebut nanti akan berlangsung selama 4 menit 9 detik. “Luwuk menjadi daerah yang dilintasi gerhana dengan durasi paling lama, sekitar 2 menit 50 detik, pukul 08.41 WITA,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari situs LAPAN, Selasa (05/01).

wilayah Sumatera akan mengalami gerhana matahari sekitar dua menit, terjadi pukul 07.20 WIB; Kalimantan selama 2,5 menit, pukul 07.30 WIB atau 08.30 WITA; Sulawesi selama tiga menit pukul 08.40 WITA; Maluku Utara selama 3,5 menit 09.54 WIT. Sedangkan Jakarta hanya mengalami gerhana matahari sebagian pada pagi hari.

Total lebar jejak GMT tersebut di muka bumi sepanjang 155 kilometer. Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, diantaranya; Kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon. Di Jakarta, gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 6.19 WIB.