Home TECH ISOC Chapter Jakarta Diharapkan Jadi ‘Satpam’ Cyber

ISOC Chapter Jakarta Diharapkan Jadi ‘Satpam’ Cyber

62
0
SHARE
ISOC Chapter Jakarta Diharapkan Jadi 'Satpam' Cyber
ISOC Chapter Jakarta Diharapkan Jadi 'Satpam' Cyber

Jakarta – Internet Society atau yang dikenal dengan singkatan ISOC resmi mengumumkan Chapter Jakarta. Organisasi yang sifatnya non profit ini menggabungkan elemen industri, pemerintah, komunitas dan individu untuk membahas permasalahan internet.

Namun lebih dari itu, Menkominfo Rudiantara ingin ISOC Chapter Jakarta juga bisa turut andil dalam mengatasi ancaman cyber.

“Kalau cuma sekadar bicara atau membeberkan data, sudah sering dilakukan. Akan lebih baik kalau bisa memberikan masukan untuk mengatasi ancaman cyber. Apalagi banyak pihak yang ada di dalamnya, bisa dikolaborasikan,” ujar Rudiantara, di acara Simposium Cyber Security, di hotel Puri Denpasar, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Menurut Naveed Haq, Chapter Development Manager ISOC Asia Pacific, ancaman cyber saat ini memang sudah memasuki taraf yang sangat merugikan. Dari USD 300 miliar yang dikeluarkan oleh perusahaan, kerugian yang diderita akibat ancaman cyber bisa sama besarnya.

Haq juga menyoroti popularitas penggunaan media sosial di Indonesia. Dengan menuliskan data pribadi di platform media sosial, secara tak langsung penggunanya telah membuat diri mereka terancam. Haq lantas mencontohkan kasus bunuh diri dua remaja di Kanada yang terjadi karena akun media sosial mereka dibobol.

“Oleh karena itu, kita harus bersatu padu mengatasi ancaman cyber. Kominfo tak bisa melakukannya sendirian, butuh kerjasama dari berbagai pihak untuk mengatasinya. Diharapkan ISOC bisa memberikan solusi untuk hal ini,” imbuh menkominfo.

“Kalau nanti Badan Cyber Nasional (BCN) disahkan, semua laporannya bisa langsung (ke BCN),” pungkas pria yang kerap disapa Chief RA itu.

(yud/ash)

Baca Artikel Tentang Teknologi Disini