Home INDONESIA Harapan Terpendam Sang ‘Astronaut’ Dari Sleman

Harapan Terpendam Sang ‘Astronaut’ Dari Sleman

13
0
SHARE

SLEMANNur Fitriana, guru SD N Deresan Kabupaten Sleman yang mengikuti pelatihan astronaut di kantor NASA Amerika Serikat dikenal sebagai sosok inovatif dan berprestasi. Di usianya yang masih menginjak 32 tahun, Fitri ternyata memiliki cita-cita luhur.

“Saya jadi guru ingin balas budi, mendidik anak-anak. Ke depan pingin punya sekolah gratis untuk anak yatim piatu dan tidak mampu, itu ‘dendam’ saya waktu kecil karena dulu tak ada yang mau menerima saya sekolah. Apalagi teman-teman saya waktu itu banyak yang tak mampu, untuk bayar SPP saja nunggu ayam bertelur, telur dijual,” kata Fitri ditemui di SD N Deresan, Senin (2/7/2018).

Fitri menceritakan waktu zaman sekolah, tidak ada sekolah SD yang mau menerimanya karena saat itu dia belum cukup umur.

“Masih umur 5 tahun dan saya nggak TK, tapi saya ngotot pingin masuk SD, tidak masuk TK. Semua sekolah di kampung saya tidak mau menerima saya karena tidak punya ijazah TK dan usia belum 7 tahun. Hingga akhirnya ada satu SD di kecamatan yang mau menerima,” jelasnya.

Dan selama sekolah SD hingga SMA, Fitri mampu menunjukkan prestasi dengan selalu meraih peringkat satu di kelas. Setelah lulus SMA, Fitri melanjutkan pendidikan D2 di Universitas Negeri Malang, S1 PGSD di UT Yogyakarta dan S2 Psikologi Pendidikan di UGM.

Dalam kehidupan pribadi, Fitri dididik keluarga untuk disiplin, belajar ilmu agama dan mengamalkannya, serta tidak egois dalam bersosialisasi dengan teman maupun lingkungan sekitar. Dia juga dididik untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

“Dalam keluarga saya, dalam cari rezeki harus berkah. Hidup sakdermo, untuk apa mewah, biasa saja, sederhana meski kita kaya. Kita bantu orang yang membutuhkan karena kita pasti juga butuh orang lain dalam kehidupan ini,” urainya.