Diduga Salahi Regulasi Tekanan Ban, Kemenangan Hamilton Diinvestigasi

Diduga Salahi Regulasi Tekanan Ban, Kemenangan Hamilton Diinvestigasi

26
0
SHARE
Diduga Salahi Regulasi Tekanan Ban, Kemenangan Hamilton Diinvestigasi

Monza – Kabar tak menyenangkan menghampiri kubu Mercedes setelah Lewis Hamilton berhasil memenangi GP Italia. Disebut menyalahi regulasi tekanan ban, kemenangan Hamilton pun sedang diinvestigasi.

Hamilton tampil dominan saat membalap di sirkuit Monza, Minggu (6/9/2015) malam WIB. Dia menempati pole, dan berhasil menang dengan jarak lebih dari 25 detik atas Sebastian Vettel yang menempati posisi dua.

Tapi, kemenangan Hamilton itu lantas diperdebatkan. Adalah delegasi teknik FIA, Jo Bauer, yang mengungkapkan bahwa Mercedes menyalahi regulasi tekanan ban.

Bauer menyebutkan bahwa tekanan ban belakang Hamilton kurang dari tekanan minimal yang ditetapkan dalam regulasi balapan.

“Pengukuran tekanan awal pada ban kiri dari ban nomor 44 (Hamilton) adalah 0,3 PSI di bawah tekanan ban yang ditentukan… saya mengacu pada permasalahan ini untuk para stewards sebagai bahan pertimbangan mereka,” kata Bauer di Sports Mole.

Atas dugaan menyalahi tekanan ban itu, bos Mercedes, Toto Wolff, bilang bahwa tekanan ban itu sudah sesuai aturan karena diukur bersama Pirelli selaku penyedia ban untuk adu cepat ‘jet darat’.

“Tidak, karena kami mengukur ban-ban itu bersama Pirelli. Di saat ini kami tak bisa menjelaskan apa yang yang sedang terjadi,” kata Wolff seperti dikutip BBC.

“Kami yang pertama dan juga jelas (kami aman dan legal),” tambahnya.

Tak cuma pada ban Hamilton, kecurigaan menyalahi tekanan ban itu juga ditujukan pada driver Mercedes lainnya, Nico Rosberg. Dalam balapan ini Rosberg gagal finis karena mengalami kerusakan mesin di lap 51.

(cas/nds)

Baca Artikel Tentang Sports Disini