Home APLIKASI Diblokir, Pengelola Tik Tok Datangi Kominfo

Diblokir, Pengelola Tik Tok Datangi Kominfo

19
0
SHARE

JAKARTA, Diblokir, Pengelola Tik Tok Datangi Kominfo – Pemblokiran Tik Tok oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat pengelola aplikasi tersebut tidak tinggal diam. Saat ini, mereka tengah melakukan pertemuan dengan Menkominfo Rudiantara.

“Sore ini manajemen Tik Tok menemui Menkominfo pada jam 16.30 sampai dengan 17.30 WIB,” sebut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, Rabu (4/7/2018).

Pertemuan dilakukan di Gedung Kominfo, Jakarta. Tidak dibeberkan secara jelas agenda pertemuan, tapi dapat dipastikan membahas soal pemblokiran Tik Tok.

Seperti diketahui, Tik Tok telah diblokir sejak Selasa kemarin.

“Banyak konten yang negatif, terutama bagi anak-anak,” ujar Menteri Rudiantara yang akrab disapa Chief RA mengenai alasannya.

Saat memutuskan akan memblokir Tik Tok, Rudiantara mengaku berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dijelaskan oleh Menkominfo, total ada delapan nama Domain Name System (DNS) terkait Tik Tok yang telah diblokir oleh Kominfo.

Selain terdapat ribuan laporan dari masyarakat yang diterima oleh Kominfo, sebuah petisi yang viral juga menjadi salah satu pendorong diblokirnya platform tersebut.

Kendati sudah diblokir, Menkominfo menjanjikan akses Tik Tok bisa dibuka kembali. Syaratnya mereka harus membersihkan dan menjaga kontennya.

“Tim Kementerian Kominfo telah menghubungi pengelola Tik Tok, meminta mereka menangani konten negatif di dalam platformnya, serta sampaikan bahwa Tik Tok harus mengikuti peraturan Indonesia dan harus memiliki tim monitoring dan pusat monitoring yang berada di Indonesia,” papar Chief RA.

“Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka kembali,” pungkasnya.