Home TECH Data Uber Bocor di Pencarian Google

Data Uber Bocor di Pencarian Google

96
0
SHARE
Data Uber Bocor di Pencarian Google

Jakarta – Uber kembali menjadi sorotan. Kali ini berkaitan dengan data perjalanan para penumpang yang bisa bocor melalui pencarian Google.

Seperti dilansir News Softpedia, Senin (7/9/2015), terdapat celah yang memungkinkan tautan ‘Share your ETA’ yang dibagi penumpang ke teman, bisa diakses orang lain melalui mesin pencarian Google.

Share your ETA adalah fitur di aplikasi Uber yang bisa digunakan penumpang ketika mereka khawatir pergi sendirian. Mereka bisa mengirim link yang merekam perjalanan mereka ke keluarga atau teman terdekat untuk ikut memantau hingga si penumpang tiba dengan selamat di tujuan.

Uber sendiri sebenarnya sudah mengantisipasi keamanan fitur ini dengan membuat tautan Share your ETA hangus dalam 48 jam setelah penumpang menggunakannya.

Nyatanya, solusi ini belum aman setelah diketahui bahwa orang lain bisa melihat aktivitas perjalanan si penumpang. Hal ini dikhawatirkan akan mengundang pelaku kejahatan untuk membuntuti si penumpang.

Chief Security Officer Uber Joe Sullivan mengatakan bahwa orang sering membagi detail perjalanan mereka di media sosial yang diakses publik seperti Facebook dan Twitter.

“Dari situ saja, link akan terindeks ke Google. Uber kini akan memberitahukan penumpang agar mereka hanya membagi detail perjalanan ke orang yang mereka kenal,” ujarnya.

Menanggapi laporan ini, Uber pun menonaktifkan fitur tersebut untuk sementara waktu. Namun belum diketahui sampai kapan penonaktifan Share your ETA dilakukan.

(rns/ash)

Baca Artikel Tentang Teknologi Disini