Home TRAVEL China Tertarik Bikin Film di Banyuwangi, Bisa Jadi Promo Wisata

China Tertarik Bikin Film di Banyuwangi, Bisa Jadi Promo Wisata

50
0
SHARE
China Tertarik Bikin Film di Banyuwangi, Bisa Jadi Promo Wisata

Banyuwangi – Daya tarik wisata dan budaya Banyuwangi rupanya dilirik pelaku industri perfilman dari China. Pemkab menilai, pembuatan film di Banyuwangi bisa menjadi sarana promosi wisata ke luar negeri.

Para sinematografer ini survei lokasi syuting film bertema budaya penyebaran warga Tiongkok ke Banyuwangi. Di Banyuwangi, rombongan yang berjumlah 10 orang ini, mengunjungi Kawah Ijen dan Rumah Batik Virdes.

“Mereka adalah sutradara dan kru film. Dan mereka tertarik dengan Banyuwangi,” ujar ?Hardy Chung, pemerhati budaya China-Indonesia, yang mendampingi rombongan kepada detikTravel, Senin (24/8/2015).

Menurut Hardy,? dalam survey ini, rombongannya menemukan masuknya budaya China di Banyuwangi. Salah satunya dalam ornamen batik Banyuwangi. Selain itu, ada kepercayaan dari cerita sejarah China, jika salah satu kaisar China meninggal di Banyuwangi.

“?Sejarah Banyuwangi dengan Tiongkok sudah lama. Dan salah satu kaisar China Ming kedua dipercaya meninggal di sini. Oleh karena itu, Ceng Ho datang ke Banyuwangi untuk menjemput pamannya itu,” tambah Hardy.

?Sementara itu, menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, seiring baiknya kerja sama antara Indonesia dan China ini, Pemkab Banyuwangi menyambut positif rencana pembuatan film yang salah satu lokasinya di Banyuwangi. Ini akan mengenalkan budaya dan destinasi wisata Banyuwangi ke turis Tiongkok.

“Menurut survei ada 150 juta wisatawan Tiongkok yang berwisata. Dan belum ada 1 juta lebih wisatawan itu datang ke Indonesia. Ini peluang daya tarik wisata di sini,” ujarnya.

d’Traveler
Diah Andrini Dewi

Seorang yang suka merangkai pengalaman baru dari tempat-tempat menarik yang dijejaki

Articles

Baca Artikel Tentang Traveling Disini