Home SPORTS Catatan Maria Kristin Yulianti Soal Persaingan Bulutangkis Tunggal Putri Dunia

Catatan Maria Kristin Yulianti Soal Persaingan Bulutangkis Tunggal Putri Dunia

241
0
SHARE
Catatan Maria Kristin Yulianti Soal Persaingan Bulutangkis Tunggal Putri Dunia

Kudus – Zaman sudah berubah dan persaingan bulutangkis di tunggal putri dunia makin sengit. Munculnya Carolina Marin menuntut para pesaing untuk bekerja ekstra keras ke depannya.

Kalau dulu, di masa saya menjadi pemain, kekuatan tunggal putri masih sangat identik dimiliki oleh pemain-pemain China. Setiap kali berjumpa pemain China rasanya langsung hopeless. Pemain China yang manapun.

Kalau sekarang pemain China sudah tak ditakuti lagi. Terlihat sekali dari sorot mata pemain-pemain di luar China yang menghadapi Wang Yihan dkk. Sorot mata mereka menunjukkan kalau tidak ada lagi rasa takut, sebaliknya mereka yakin bisa menang.

Seiring situasi itu, muncul kekuatan-kekuatan baru. Dan yang paling ‘wow’ adalah munculnya Carolina Marin.

‘Wow’ karena dia datang dari Spanyol, negara yang selama ini tak dikenal sebagai kekuatan besar di jagat bulutangkis. Juga ‘wow’ karena dia mempunyai kecepatan yang luar biasa.

Ya, kecepatan. Secara teknik, permainan Carolina tak jauh beda dengan pemain-pemain top lainnya. Tapi kecepatan dan konsistensi yang ditunjukkannya dari gim pertama dan gim kedua, bahkan ketika harus rubber game, sungguh-sungguh di luar logika.

Para pemain China kuat iya, tapi cepat tidak selalu. Xie Xingfang dan Zhang Ning bahkan tidak secepat itu. Next

(fem/din)

Baca Artikel Tentang Sports Disini