Home TECH Bangun Tidur Ku Terus.. Cek WhatsApp!

Bangun Tidur Ku Terus.. Cek WhatsApp!

64
0
SHARE

Jakarta – Sedikit memodifikasi penggalan sebuah lagu anak-anak, jika biasanya kita mendengar ‘bangun tidur ku terus mandi,’ liriknya menjadi berbeda dengan generasi sekarang, ‘bangun tidur ku ngecek WhatsApp.

Setidaknya memang demikian gambaran keseharian sebagian besar pengguna ponsel. Smartphone menjadi benda pertama yang harus ada dalam genggaman tangan ketika pertama kali membuka mata.

Sebuah studi yang dilakukan layanan profesional Deloitte menyebutkan, aplikasi instant messaging seperti WhatsApp dan jejaring sosial adalah hal pertama yang dilihat para pengguna ponsel di pagi hari.

Menurut studi Deloitte Mobile Consumer Survey 2015, sekitar 78% responden pemilik smartphone mengaku mengecek ponsel mereka 15 menit setelah mereka bangun tidur. Sekitar 52% responden mengatakan, mereka mengecek ponsel setidaknya lima menit sebelum pergi tidur.

“Penelitian ini menemukan, layanan komunikasi seperti instant messenger mobile dan jejaring sosial adalah hal pertama yang dicek konsumen setiap pagi di smartphone mereka. Setelah messaging seperti WhatsApp dan jejaring sosial, disusul selanjutnya email dan SMS,” tulis Deloitte seperti detikINET kutip Times of India, Senin (16/11/2015).

Survei ini menganalisa kebiasaan menggunakan smartphone terhadap 2.000 konsumen di India, sebagai bagian dari survei global yang melibatkan 49 ribu konsumen di 30 negara.

Data Juni 2015, sebanyak 86% dari mereka yang disurvei tercatat memiliki smartphone. Persentase ini 12% lebih tinggi dibandingkan di 2013.

Menurut riset ini juga, 28%pemilik smartphone mengatakan mereka melihat perangkat mereka setidaknta 11 sampai 25 kali sehari. Sebanyak 22% mengaku mengecek ponsel setidaknya 26 sampai 50 kali sehari. Lebih dari 17%, mengecek ponsel 51 sampai 100 kali sehari.

“Dari studi kami, jelas bahwa penggunaan smartphone mengganggu banyak aktivitas keseharian. Di sisi lain, ini menjadi catatan bagi sektor telekomunikasi untuk mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur agar memenuhi harapan konsumen,” simpul Santosh Anoo selaku Senior Director Deloitte Touche Tohmatsu India.

(rns/rou)

Baca Artikel Tentang Teknologi Disini