Bangun Pabrik, TiPhone Patungan dengan Vendor Taiwan

Bangun Pabrik, TiPhone Patungan dengan Vendor Taiwan

51
0
SHARE
Bangun Pabrik, TiPhone Patungan dengan Vendor Taiwan

Jakarta – Minat pabrik ponsel asing mendirikan pabrik di Indonesia makin gencar termasuk menggandeng mitra lokal. Pabrik ponsel Ti-Phone dari PT Telesindo Tbk akan menggandeng produsen komponen ponsel asal Taiwan untuk mendirikan pabrik perakitan di Indonesia.

“Jadi itu Ti-Phone mau pakai komponen Taiwan. Nanti rakitnya di sini. Telesindo Tbk kerjasama dengan perusahaan Taiwan dalam rangka memproduksi ponsel di Indonesia. Tadi ada undangan intinya peluncuran Ti-Phone yang nantinya pembuatannya akan dilakukan di sini,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan ditemui di Kemenperin, Senin (31/8/2015).

Putu menjelaskan, pengembangan industri ponsel di Indonesia ke depan diharapkan tidak hanya bisa merakit ponsel tapi juga bisa memproduksi komponen bahkan mencetak ponsel secara massal.

“Kunci teknologi ponsel ada di poin mencetak handphone secara massal. Kita minta ke investor Taiwan tolong itu yang didorong bawa ke sini. Kata mereka memang itu kuncinya, tapi sulit karena ada baja khusus untuk produksi mesin tersebut yang belum ada di Indonesia,” kata Putu.

Terkait minat Taiwan merelokasi pabrik-pabriknya ke Indonesia, Putu menjelaskan industri yang akan direlokasi yaitu industri hulu atau industri yang menghasilkan produk-produk industri.

“Rencana relokasi industri hulu dari Taiwan, bukan industri yang menghasilkan produk konsumsi. Misal telekomunikasi, bukan cuma bikin HP, tapi bikin komponen atau produksi mesin pembuat komponen,” jelasnya.

Putu menambahkan, Menperin Saleh Husen sudah menawarkan ke pengusaha Taiwan agar sekalian membuat kawasan industri di Indonesia. Next

(hen/ash)

Baca Artikel Tentang Bisnis Disini