10 Kemenangan Beruntun Marquez yang Memicu Yamaha Bangkit

10 Kemenangan Beruntun Marquez yang Memicu Yamaha Bangkit

35
0
SHARE
10 Kemenangan Beruntun Marquez yang Memicu Yamaha Bangkit

Jakarta – Yamaha sangat terpukul dengan 10 kemenangan Marc Marquez di musim 2014. Menyebut telah mengalami kekalahan brutal, Yamaha lantas berbenah. Sukses Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi memuncaki klasemen musim ini adalah hasilnya.

Setelah Lorenzo kalah dari Marquez dalam perebutan gelar juara dunia pada seri terakhir musim 2013, Yamaha ternyata gagal bangkit di musim 2014. Mereka justru menelan kekalahan yang lebih telak karena di 10 balapan pertama pemenangnya cuma satu: Marquez.

Gagal memenangi satupun balapan di 10 seri awal musim sangat memukul Yamaha. Dalam periode itulah mereka mulai melakukan evaluasi besar-besaran. Evaluasi yang sudah menampakkan hasil di paruh kedua musim 2014, di mana Yamaha berhasil mengumpulkan lebih banyak poin dari Honda.

Yamaha akhirnya benar-benar mengungguli Honda di musim ini. Dari 11 balapan yang sudah digelar, delapan di antaranya dimenangkan Rossi dan Lorenzo. Tiga balapan sisa yang terlepas dari genggaman jadi milik Marquez.

“Saya pikir kekalahan musim lalu, dengan Marquez meraih 10 kemenangan pertama, adalah brutal dan saat itulah kami benar-benar mulai bekerja keras mengembangkan motor. Hasilnya sudah terlihat di paruh kedua musim, saat kami dapat poin lebih banyak dibanding HRC,” sahut bos Tim Yamaha, Lin Jarvis.

“Setelah kalah sangat telak tahun lalu, kami menyadari motornya harus dikembangkan pada area-area di mana kami lemah. Secara khusus dalam pengereman, grip, saat memasuki tikungan dan akselerasi. Kami tahu area yang harus diperbaiki dan insinyur-insinyur kami melakukan pekerjaan yang sangat baik di paruh kedua musim lalu dan terutama di musim dingin,” lanjut dia di situs resmi MotoGP.

Soal sukses Yamaha di musim ini, Jarvis tak menyangkal kalau itu terbantu dengan cedera Dani Pedrosa dan Marquez yang berulang kali jatuh. Jarvis juga memuji Lorenzo serta Rossi yang menyambut musim dengan kondisi fisik sangat baik dan membuat mereka tampil oke sejauh ini.

“Para pebalap, di sisi lain, melakukan tugasnya masing-masing dan mereka datang di awal musim dengan kondisi sangat baik, sangat fit, sangat lapar dan sangat kompetitif. Dan saya pikir itu adalah dua poin yang menghasilkan situasi sekarang ini (dominasi Yamaha).”

“Marc kesulitan dengan motornya di paruh pertama musim dan Dani kesulitan dengan cedera arm pump, yang mungkin terkait dengan kondisi motornya. Butuh banyak tenaga untuk mengendarai Honda, yang mungkin terkait dengan masalah yang dia alami. Hal lainnya adalah keuntungan karena Honda membuat beberapa kesalahan di tes musim dingin dan menghasilkan motor yang sulit dikendarai oleh pebalap-pebalapnya,” terang Jarvis lagi.

(din/cas)

Baca Artikel Tentang Sports Disini